Wednesday, January 6, 2010

EDITORIAL AL-QUR’AN dan KEHIDUAN

Manusia di zaman era Globalisasi seperti sekarang ini, khususnya kaum Muslimin yang tidak tahu apa, untuk apa, dan kenapa Al-Qur’an itu diturunkan, shingga mereka memperlakukan Al-Qur’an tidak dengan semestinya. Di duni Islam umumny, hanya sediki orang yang tahu bagaimana harus memperlakukan Al-Qur’an. Kalaulah kita telusuri dan kita tela’ah untuk apa diturunkannya Al-Qur’an?
Secara umum Al-Qur’an diturunkan sebagai petunjuk dan keterangan tentng mana yang hak dan yang bathil dan kisah-kisah umat terdhulu sebagi pelajaran bagi umat Nabi Muhmmad. Namun sebagian diantara umat Islam di Indonesia menganggap Al-Qur’an itu sebagai semacam hisan di rumah-rumah dan untuk membacanyapun sangat jarang. Padahal jika manusia mau berpikir dan menelah ayat-ayat Al-Qur’an. Merek pasti akan tahu untuk apa mereka diciptakan, bagaiman manusia bisa ada.
Di era millennium ketiga ini, sering sekali terjadi bencana berup, gempa, tanah longsor, dan banjir. Ini terjadi lantaran umat muslim banyak yang melalaikan shalat, menjauhi para Alim ulama, dan mendekati perzinahan, minum-minuman keras. Padahal Allah SWT. Sudah memperingati mereka. Dalam Al-Qur’an secara jells dn ringkas. Namun kebnyakn dari umat muslimin menganggap remeh ayat-ayat suci.merek tidak mentdaburi segla kejdian yang sudh terjadi. Seperti gempa di Sumatra dan Tsikmalaya.
Jadi kita sebagi muslim sudah sepatutnya untuk memahami ayat-ayat yang terkandung di dalamnya. Karena Al-Qur’an diturunkan sebagai pedoman hidup bagi muslim di seluruh dunia.
• Mbee2 el-misro