Wednesday, January 6, 2010

Hidayah Allah Dalam Al-Qur’an

by: [email protected]

Untaian kalimat-kalimat penuh rahmat yang tersusun dari kata-kata yang indah yang merupakan kalam ilahi yang wajib kita baca dan mengerti makna yang terkandung di dalamnya karena itu adalah iman kita kepada sang pencipta.
Ayat-ayat sucinya adalah syair yang menyihir orang yang membacanya, hingga terbawa dalam kehariban dan seakan-akan kita sedang diajak berbicara oleh Allah SWT. Menjadi penerang dan petunjuk dalam gelapnya kebodohan, menyejukkan hati dan menggetarkan batin yang selalu ingin beristigfar kepada Allah SWT. Sayangnya, hal itu hanya bagi mereka. Mereka yang membaca Al-Qur’an dengan kesungguhan lilahi ta’ala atau mendengarkan dengan hati yang penuh rasa bersalah kepada Allah SWT.
Didalamnya Allah berfirman :
“Dan apabila mereka mendengarkan apa (Al-Qur’an) yang diturunkan kepada Rasul (Muhammad SAW) kamu melihat mata mereka mencucurkan airmata disebabkan kebenaran yang telah mereka ketahui (Al-maidah : 83)
Diriwayatkan dalam hadis imam bukhori, suatu hari Rasulullah meminta salah seorang sahabatnya membacakan untuknya Al-Qur’an, hingga sahabatnya itu keheranan, ia tidak mengerti bukankah Al-Quran diturunkan kepadanya. Tatkala sahabatnya membacakan untuknya, ia melihat beliau menangis. Hingga ia tahu bahwa beliau menangis karena mendengar ayat yang menerangkan akan keadaan kaumnya, beliau sedih melihat kaumnya pada hari kiamat, meminta-minta syafaat darinya.
Dalam riwayat lainnya, bahwa umar bin khattab mengikrarkan keislamannya setelah tersungkur dan tergugah hatinya mendengar lantunan ayat suci Al-qur’an yang dibacakan saudari perempuannya, padahal beliau mengancam akan membunuhnya jikalau masih dibicarakan kalamullah tersebut.
Dari ayat dan beberapa riwayat hadis diatas, kita bisa tahu hikmah yang terkandung di dalam keindahan syair-syair ayat suci Al-Qur’an, bahwa Al-Qur’an dapat menjadi jalan untuk selau dalam hidayah Allah.
Hidayah Allah tak semata-mata tertujukan hanya kepada Rasulullah dan para sahabatbya. Akan tetapi itu akan mengalir deras tak terhingga bagi mereka yang benar-benar dalam membaca Al-Qur’an dan mengerti apa yang tersirat dalam kalamullah tersebut.