Monday, March 22, 2010

ANTI MATERI

Oleh : (rep MISSI/M fayyadh on 15 GN)
Fasilitas penelitian ilmu pengetahuan terbesar didunia, yaitu Conseil Europe’ean Pour La Recherché Nucleaire (CERN) di Swiss. Beru-baru ini berhasil mebuat partikel anti meteri pertama. Anti meteri sama dengan materi yang kita kenal, tapi tersusun dari partikel-partikel dengan muatan listrik yang berlawanan dengan yang terdapat meteri biasa.
Anti materi di ciptakan dengan mempercepat dua jenis partikel sinar pada pipa akselerator, yaitu pipa sepanjang 27 kg meter, yang membentuk lingkaran. Pipa itu berguna untuk menghancurkan partikel-pertikel kecil. Partikel tersebut di percepat hingga kecepatan meksimal yakni 180.000 Mil per detik. Dua jenis partikel cahaya yang dipercepat kemudian bertabrakan dalam kecepatan yang amat tinggi saling tarik menark satu sama lain dan memadatkan energy keduanya dalam satu titik. Maka tercapailah kepadatan energy yang sangat tinggi, anti meteri.
Anti materi adalah lawan dari materi, sebagai mana Allah telah menciptakan segala sesuatu berpasng-pasangan. Ada siang, ada malam, ada gelap dan ada terang. Anti materi adalah sumber energy terkuat yang pernah dikenal oleh manusia. Dia bisa menghasilkan energy dengan efisiensi sebesar 100 % (efisiensi pembelahan nuklir hanya 1,5%). Anti meteri tidak menimbulak polusi atu radiasi, dan setetes antimateri dapat menghasilkan listerik unutk New York City sepanjang hari.
Tapi ada satu kekurangaan . . . . . . . . .
Anti meteri sangat tidak setabil, dan akan langsung terbakar begitu bersentuahan dengan apa saja, bahkan dengan udara sekalipun. Padahal satu garam anti materi saja mengandung kekuatan setara dengan 20 kg ton bom Nuklir.
Hingga kini, anti materi hanya di ciptakan dalam jumlah sedikit (hanya beberapa atom). Tapi CERN berhaisl membuat terobosan dengan penemuan terbarunya yang bernama anti proton decelerator, yaitu materi dengan teknologi yang lebih maju, sehingga menjanjikan kemampuan unutk anti meteri dalam jumllah yang lebih besar.
Satu pertnyaan penting muncul :
Apakah zat ini akan mnyelamatkan dunia atau menjadi senjata paling berbahaya di dunia??? ……