Saturday, May 22, 2010

HIKMAH "shalat subuh dan shalat isya berjamaah"

‘’Barangsiapa shalat isya secara berjamaah,maka ia bagai shalat (malam) setengah malam. dan barangsiapa shalat subuh secara berjamaah, maka ia bagai shalat (malam) semalam penuh ‘’. (HR muslim,abu daud,dan tirmizi).
Subhanaullah, fadilah shalat isya dan shalat subuh berjamaah sangat luarbiasa, apa kita belum juga sadar dengan apa yang telah diungkapkan oleh rasul kita, sungguh kita sebagai manusia mustinya rugi dengan apa yang terjadi, kita terkadang lalai mengerjakan kedua shalat tersebut secara berjamaah,apa lagi sampai meninggalkannya.
Dihadis lainpun rasulullah mengungkapkan orang yang tidak menunaikan kedua shalat tersebut secara berjamaah adalah orang munafik,ini berarti sebagian besar umat islam di dunia adalah munafik , mengapa demikian, sungguh,ini bukan rahasia,umat islam di dunia memang sedikit sekali yang menunaikan shalat isya dan subuh berjamaah,bahkan bukan hanya kedua shalat tersebut, tapi shalat-shalat fardu lainnya.
Apakah akan seperti itu terus? tidak, sungguh tidak ,kita jangan sampai termasuk pada orang-orang munafik yang hanya memandang indahnya dunia . kita sebagai umat muslim mustinya merubah sifat buruk yang cenderung so sibuk atau bahkan meninggalkan. Apalagi sekarang bulan penuh pahala telah hadir bersama kita, bulan dimana diturunkannya al-quran yang agung pada nabi besar kita, sayidina Muhammad saw, bulan dimana ada malam yang lebih baik dari pada seribu bulan , bulan dimana hari-hari kemenangan hadir menyertai islam.
Sekarang , kita mulai perubahan tersebut dengan yang wajub-wajib dulu , karena yang wajib itu yang paling penting, apalagi shalat, karena shalat memang yang paling pertama yang akan di hisab , kalau amal shalatnya saja jelek , sudah pasti amal-amal yang lainnya juga jelek. Apalagi sekarang bulan ramadhan,bulan yang dikalilipatkan pahala segala perbuatan , sangat tepat untuk meningkatkan kualitas ibadah kita , hanya dengan keikhlasan segala sesuatu jadi lebih mudah, terutama ibadah puasa yang dibarengi dengan segala aktifitas, yang pasti menguras tenaga dan pikiran,alih –alih shalat fardu ditinggalkan, tapi inya allah tidak . apalagi santri ummul quro yang memang terbiasa shalat fardu berjamaah.dan khusus bagi santri ummul quro dimanapun antum berada, jangan tinggalkan shalat
created by: ismail shaleh