Sunday, August 22, 2010

PERBEDAAN BULAN RAMADHAN DENGAN BULAN PUASA

Marhaban ya Ramadhan
Marhaban ya Ramadhan
Bulan Ramadhan telah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia yang sering menyebutnya dengan bulan puasa. Bulan Ramadhan adalah bulan yang disucikan dan diridhoi oleh Allah SWT yang penuh dengan ampunan-NYA, kasih sayang-NYA dan keridhoan-NYA.
Sebagaimana kita ketahui Ramadhan tidaklah komplit jika tidak ada Idhul Fitri yang sering diartikan dengan hari Kemenangan, karena kita telah menempuh 30 hari lamanya dalam berpuasa yang penuh dengan berbagai macam cobaan-cobaan.
Pada persepektif yang sama, masyarakat Indonesia sering menyamakan Bulan Ramadhan dengan Bulan Puasa. Menurut para Alim Ulama terdapat perbedaan diantara keduanya sedangkan menurut ahli bahasa dan sastra Indonesia dari Universitas UIN Syarief hidayatullah Jakarta terdapat perbedaan arti yang jauh diantara keduanya.
Menurut MUI Bulan Ramadhan adalah bulan yang mana didalamnya terdapat beberapa kewajiban-kewajiban untuk berbuasa dan lainnya yang dapat mengangkat derajat kita dan beberapa faidah-faidah. Sedangkan Bulan Puasa menurutnya ,”Bulan Puasa dan Bulan Ramadhan dalam kaidah pengertian bahasa itu sama artinya jadi Bulan Puasa ada didalam Bulan Ramadhan.”
Menurut ahli bahasa dan sastra Bulan Ramadhan adalah bulan yang dimana bagi kaum muslimin dan muslimat untuk berpuasa dan dianjurkan atau disunatkan untuk shalat tarawih dan witir serta beberapa amalan ibadah-ibadah lainnya. Dan bulan puasa masih menurutnya bulan yang hanya diwajibkan untuk berpuasa dan tidak terdapat hal kewajiban lainnya dan tidak termasuk Idhul Fitri karena belum termasuk didalamnya.
Jadi dapat kita simpulkan bahwa bulan ramadhan dan bulan puasa memiliki arti yang sama tetapi bermakna beda. Oleh karena itu kita jangan salah dalam mengambil istilah buat bulan ramadhan. Dalam kata lain istilah bulan puasa itu tidak ada.