Sunday, June 12, 2011

Liburan Singkat, Santri pun telat


menurut santri liburan merupakan event yang dinantikan. Identiknya liburan menjadi ajang Bagi kemalasan mereka di rumah , tidak disiplin dan merasa bebas.biasanya demam liburan di Ummul Quro sudah mulai terasa di pekan terakhir ujian kenaikkan kelas. Ironisnya para santri seakan lupa bahwasanya ujian masih berlangsung. Berbagai rencana liburan telah disusun, tanggal-tanggal dikalender mulai ditandai. Tapi apa jadinya jika liburan yang kita nantikan ternyata hanya berkisar kurang lebih 2 minggu.
Sebagaimana bagian keamanan memantau, jika liburan singkat maka santripun telat. Hal ini sudah menjadi kebiasaan beberapa santri yang datang terlambat setelah liburan kenaikkan kelas.tidak hanya santri tingkat tsanawiyah saja, begitu pula santri tingkat aliyah. Beberapa Faktor yang diperkirakan menjadi dampak telatnya santri adalah sebagian dari mereka merasa jangkau waktu liburan tidak seimbang dengan jangkau waktu ujian yang mereka telah hadapi dan kebanyakan santri merasa bosan untuk datang tepat waktu dikarnakan kegiatan pondok yang belum aktif dan kurang mendukung. Cenderung santri yang telat, akan datang ke pondok 1 hari sebelum pembukaan porseni di selenggarakan.
Kedepannya, pendataan untuk santri yang terlambat harus lebih dipertegas. Bila terlambat maka harus dihukum sesuai dengan peraturan yang telah diumumkan. Faktor-faktor yang membuat santri terlambat datang bisa dijadikan masukkan terbaik . upaya seperti itu mestinya menjadi sebuah dorongan agar santri enggan terlambat datang ke pondok untuk liburan seterusnya.
By: Melinda