Tuesday, August 16, 2011

Istiqomah di bulan Ramadhan

Allahu Akbar, libur telah tiba! Padahal baru saja kita melewati liburan semester 2 kemarin. Tak terasa 1 tahun sudah berlalu dan kita sudah berada di bulan penuh suci ini lagi. Selama sebulan penuh kita akan berpuasa, tidak hanya melawan rasa haus dan lapar saja akan tetapi kita juga harus melawan hawa nafsu seperti marah, dengki, kesal dan sebagainya.
Selama 1 bulan umat muslim akan diuji oleh Allah SWT atas kesabaran yang menunjukkan besar-kecilnya rasa taqwa terhadap Allh SWT. Berpuasa di pondok adalah hal yang biasa. Beribadah untuk mendekatkan diri kepada Allah seperti tadarus Al-quran, dzikir, shalat tarawih di pondok juga merupakan hal umum yang wajib dilakukan oleh santri Ummul Quro.
Pertanyaannya adalah, dapatkah kita mempertahankan amal yang dilakukan di pondok juga akan kita laksanakan di rumah? Apakah kita tetap istiqomah? Karena banyak dari santri Ummul Quro rajin mendekatkan dirinya kepada Allah SWT hanya saat di pondok saja. Seterusnya, cobaan atau godaan di rumah seperti Televisi, Internet dan khususnya Facebook sangat sulit untuk dihindari. Maka dari itu, istiqomah atau teguh pendirian adalah satu hal yang diperlukan dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadhan.
Dan sesungguhnya ujian pada bulan ramadhan baru dimulai sekarang. Ketika kita sedang merasa nyaman di rumah. Jadi mari kita kuatkan diri untuk istiqomah dan siap berperang melawan hawa nafsu yang ada dalam diri. Tunjukanlah bahwa kita adalah SANTRI SEJATI!!!
Oleh: Iis [email protected]