Sunday, October 6, 2013

Mari tumbuhkan jiwa Nasionalisme …

Sebagian dari pada kita memang belum mengetahui apa itu arti dari sebuah nama “NASIONALISME”, bahkan untuk mewujudkan itu rasanya kita harus membutuhkan waktu yang teramat lama, lalu apakah rasa “NASIONALISME” harus ada pada diri kita ???, pertanyaan itulah yang sampai saat ini masih terus terbayang dalam benak seseorang yang mengaku dirinya adalah seorang warga negara.


Rasa cinta dan bangga terhadap sebuah negara memang seharusnya sudah ada pada diri kita sejak awal kita mulai menginjakkan kaki di negara yang kita tempati saat ini, karena dengan itu kita akan dapat mengetahui seberapa jauh bentuk kepedulian kita terhadap negara. Banyak orang mengartikan bahwa rasa “NASIONALISME” hanya dapat diwujudkan melalui kata-kata, maka dari itulah kita harus mempunyai kesadaran tinggi untuk terus dapat bergerak membangun bangsa yang aman, sejahtera, dan dapat dipandang oleh negara lain.

Krisis ekonomi yang terjadi di Indonesia merupakan salah satu virus negatif yang sampai saat ini menjangkit negara ini, tak hanya karena itu, namun berbagai macam permasalahan yang melanda Indonesia seperti banjir hingga macet  yang beritanya tersebar sampai ke negara lain juga dapat berpengaruh besar bagi nama baik Indonesia di mata dunia. So, siapa yang mau disalahkan akan semua itu, bukankah kita juga yang akan merasakan sebagai warga negara Indonesia yang cinta akan negaranya ???.

Namun dari berbagai masalah yang melanda Indonesia, kita juga dapat berbangga akan banyaknya kelebihan yang dimiliki oleh negara kita ini, Bali salah satunya. Bali merupakan salah satu pulau di Indonesia yang namanya sudah tersebar luas ke negara lain, keindahan pantai serta ramahnya para penduduk disana terhadap turis asing maupun lokal menjadi pemicu terus meningkatnya para wisatawan asing yang datang untuk berkunjung serta mengetahui sejarah pulau Bali. Tak hanya dengan itu, selain terkenal juga akan jiwa seninya yang kuat, sehingga memicu negara tetangga untuk mengakui beberapa seni yang sudah jelas-jelas memang terlahir di Indonesia. Selain itu Indonesia juga memiliki kekayaan alam yang amat melimpah seperti kandungan minyak bumi, hingga kandungan emas yang sampai saat ini harganya terus melonjak, karena itulah banyak dari pada pekerja asing yang menyadari akan banyaknya potensi yang dimiliki Indonesia dan mencoba memanfaatkan kekayaan yang dimiliki oleh Indonesia.

Dengan potensi besar yang dimiliki Indonesia, apakah kurang cukup untuk menumbuhkan rasa cinta dan juga membangun rasa optimis untuk memajukan negara ini, “wong orang asing saja optimis akan potensi yang ada pada negara kita ini”, masa kita sebagai warga negara yang memiliki jiwa “NASIONALISME” tinggi harus terpuruk dengan segala kekurangan yang ada di negara kita.

Yuk .. !!! mari kita tunjukan rasa cinta kita terhadap Indonesia dengan terus berperan untuk memajukan negara ini, serta menjaga rasa “NASIONALISME” yang  telah tertanam kuat dalam diri kita, karena siapa lagi yang bersedia memajukan negara ini kalau bukan kita sendiri sebagai warga negaranya.


Haidar [email protected]