Sunday, October 6, 2013

Nasional Is Me

Judul : Nasional Is Me
Pengarang : Pandji Pragiwaksono
Halaman : 330 Halaman
Penerbit : Bentang Pustaka

Di tengah carut marutnya kehidupan di Negara ini, di tengah krisis kepercayaan masyarakat terhadap para pemimpin Negara, dan di tengah ketidak-PeDean masyarakat Indonesia akan nasib Negaranya, buku ini hadir dengan optimism kuat.
Pandji Pragiwaksono, melalui salah satu karyanya ini ingin mengembalikan kecintaan seluruh rakyat terhadap Indonesia ini, melahirkan optimism kuat untuk Indonesia, dan kelak memicu perubahan baik untuk Tanah Air kita.
Buku ini awalnya muncul dalam versi e-book (atau sering ditulis buku-e) dan bebas didownload (diunduh) oleh siapapun. Karena jumlah pengunduhnya yang begitu banyak maka ada yang merequest untuk dibuatkan menjadi buku dan hasilnya adalah sebuah buku yang berisi ajakan untuk mengenali Indonesia, menemukan passion dan berkarya bagi bangsa Indonesia ini.

Di awal buku ini dituliskan mengenai kisah kecil Pandji yang sekolah di SD lalu mengalami perubahaan saat masuk ke sebuah SMP dan SMA yang akhirnya dia senangi karena sangat multi-kultural dan menghargai setiap perbedaan yang ada dan juga sangat kompak sekali.

Lalu juga pandji membahas mengenai keindahan Indonesia yang tersebar di beberapa kota yang mungkin kita tidak sering kunjungi. Beberapa kota disebutkan seperti Yogyakarta, Bandung, Belitun, Jayapura, Surabaya, Manado, Padang, Semarang. Semua kota tersebut yang dituliskan ternyata memiliki masing-masing daya tarik yang harus dikunjungi. Tidak lupa juga untuk mengunjungi Bali dan tentunya kota yang kita rindu namun benci. Jakarta.

Di bab selanjutnya Pandji mengupas bagaimana dia beserta pengguna Twitter yang lain berusaha untuk membuat Indonesia terus terlihat positif ketika terjadinya bom di daerah Kuningan sehingga Manchester United tidak jadi datang. Namun dengan perjuangan mereka akhirnya sebuah gerakan baru tanpa organisasi yang nyata muncul yaitu #IndonesiaUnite dan sampai sekarang masih ada.

Juga dia menuliskan beberapa tokoh yang saat ini menjadi fenomenal seperti Yoris Sebastian, Rene Suhardono, Ligwina Hananto, Joko Anwar, Daniel Mananta dan juga tentunya Prof. Yohannes Surya. Mereka semua adalah orang-orang Indonesia yang membuat nama Indonesia menjadi harum. Prof. Yohannes Surya mengirimkan anak-anak yang berbakat dalam bidang fisika ke kejuaraan dunia dan akhirnya pulang dengan membawa medali emas.

Pandji juga menuliskan keterlibatannya dalam membangun Indonesia yaitu musik HipHop dimana sudah beberapa album yang dikeluarkan olehnya dan berisi mengenai semangat perjuangan positif untuk Indonesia, juga ada yayasan C3 (Community for Children With Cancer) yang bergerak untuk membantu anak-anak penderita kanker dari keluarga tidak mampu. Juga ada gerakan satu tiang satu tahun dan juga Donor Tetap bagi seorang anak yang membutuhkan darahnya.

Dan diakhir buku dia menuliskan 3 langkah yang dapat kita lakukan untuk menjadika Indonesia sebagai bangsa yang hebat:
1. Kenali Indonesiamu
2. Temukan passion-mu
3. Berkaryalah untuk masa depan bangsamu

Satu kutipan bagus dari Glenn Fredly "Bukan kebetulah elo lahir pada zaman ketika Indonesia sedang seperti sekarang ini dan bukan kebetulan juga elo membaca tulisan ini.."

Sederhananya adalah : kita dilahirkan di bangsa dan zaman sekarang ini bukan karena kebetulan namun karena memang kita ditakdirkan untuk berkarya dan membuat Indonesia menjadi lebih baik lagi!!
Oleh : Rukiantoro