Sunday, October 6, 2013

Nasionalisme

Nasionalisme berasal dari kata nation yang berarti "negara". Dan adapun pengertian nasionalisme bagi para nasionalis adalah sekelompok bangsa yang memiliki kesamaan kebudayaan, bahasa, bangsa dan satu wilayah yang sama. adapun menurut salah seorang L. Stoddard Nasionalisme adalah suatu kepercayaan yang dimiliki oleh sebagian terbesar individu di mana mereka menyatakan rasa kebangsaan sebagai perasaan memiliki secara bersama di dalam suatu bangsa. jadi, nasionalime ini sendiri dapat di artikan secara sempit dengan suatu sikap yang membanggakan suatu wilayahnya sendiri tanpa mempedulikan wilayah sekitarnya ataupun dapat juga diarti luaskan dengan sikap yang wajar bagi suatu bangsa atau suku untuk mencintai wilayahnya atau bangsanya tanpa harus merendahkan bangsa lain.

           Nasionalisme ini mempunyai makna tersendiri yaitu memunculkan kesadaran nasional bagi warga negara atau suku bangsanya sendiri, sehingga tumbuh rasa nasionalisme dan menumbuhkan kecintaan terhadap dirinya maupun  lingkungan masyarakat. Sebagai mana kita ketahui salah satu pahlawan kita, sekaligus sebagai presiden pertama di Indonesia yaitu Ir. Soekarno beliau mempunyai rasa nasionalisme yang sangat tinggi, sehingga beliau bisa menggerakan semua elemen-elemen masyarakat indonesia ketika masih pada zaman penjajahan yang melandas indonesia, berkat beliau dan para pahlawan yang telah berusaha membela negara untuk memerdekakan indonesia dari jajahan para militer jepang yang ketika itu menjajah negara indonesia. Dan akhirnya negara indonesia ini  bisa merdeka karna menang dari peperangan sehingga kita bisa rasakan kemerdekaan.
nah! Bukan hanya sekolah luar saja yang mempunya rasa nasionalisme. Tapi pondok kita juga telah menerapkan kepada para santi untuk mempunyai rasa nasionalisma itu. Contohnya kita setiap hari sabtu dan minggu memakai songkok hitam yang mana songkok hitam itu sendiri mencitrakan warga negara indonesia. Jadi kita selaku santri gak usah tuh yang namanya takut engak punya rasa nasionalisme. Bahkan santri itu sendiri selalu membuat citra bangsa kita itu harum banyaktu yang namanya pahlawan itu dari kalanyan kyai pastinya donk mereka juga pernah menuntut ilmu di pondok pesantren.