Sunday, October 6, 2013

Penguraian Cahaya

Hai para sobat MISSI, kali ini kami memiliki satu tips tentang ilmu pengetahuan yang mungkin dapat kalian coba. Selain menghibur, tips ini juga dapat menambah pengetahuan kita akan ilmu pengetahuan yaitu mengenai penguraian cahaya.
Tahukah kamu? Siapakah orang yang pertama kali mengungkapkan rahasia penguraian? Ia adalah Sir Issac Newton, seorang ilmuan dari Negara Inggris. Ilmuan ini berpendapat bahwa cahaya matahari merupakan campuran dari warna merah, orange, kuning, hijau, biru, dan ungu.
Peristiwa penguraian cahaya ini terjadi apabila cahaya putih mengenai permukaan prisma kaca atau permukaan gelembung sabun. Pada kejadian tersebut, cahaya putih disebut juga cahaya polikromatik, sedangkan cahaya ada pada spektrum disebut dengan cahaya monokromatik, karena cahaya-cahaya tersebut tidak dapat diuraikan lagi. Kemudian cahaya putih terbagi menjadi panjang-panjang gelombang berbeda yang tertangkap oleh mata.
Panjang-panjang gelombang ini membentuk sekumpulan berkas cahaya yang sejajar. Susunan inilah yang disebut “spektrum”. Pada spektrum cahaya, berkas cahaya merah selalu berada disalah satu ujung spektrum, sedangkan berkas biru selalu berada diujung lainnya.
Namun, apabila warna-warna cahaya yang telah disebutkan diatas disatukan ternyata malah menghasilkan menghasilkan warna putih? Wah bagaimana bisa ya? Oleh karena itu jika ingin membuktikan, silahkan lakukan kegiatan berikut!!!!
1. Pertama-tama buatlah kincir angin dengan beberapa warna.
2. Lalu bawalah ke arah angin sehingga berputar dengan cepat
3. Coba perhatikan apakah warna-warna yang ada tersebut tampak?
Nah, bagaimana? Ajaib bukan? Setelah melakukan percobaan tadi para sobat MISSI tidaka akan melihata warna-warna tersebut dan warna putihlah yang akan muncul.
Selamat mencoba…..

Eliza Novaliana @Red