Sunday, October 6, 2013

SALAH SATU SEBAB MASUK SURGA

Sebelumnya tahu gak? Apa sih ucapan salam umat muslim itu??
Salam umat muslim adalah “assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh” yang artinya salam sejahtera dan kasih sayang semoga terlimpahkan atasmu. Salam merupakan bentuk do’a keselamatan, dan keamanan. Symbol persaudaraan dan pembeda umat muslim dengan umat yang lainnya.
Seperti yang kita ketahui, banyak sekali agama,kultur dan budaya. Di setiap budaya pasti memiliki ucapan salam yang berbeda, seperti good morning, gutten morgen, dan masih banyak lagi.

Namun rasulullah menganjurkan kita untuk menguucapkan salam seperti yang di atas itu. Atau minimal paling pendek ucapkan asaalamu’alaikum.  Mengucapkan salam hukumnya sunah dan wajib hukumnya untuk menjawab salam.

Namun rasulullah juga melarang kita menjawab salam orang non muslim atau kafir, tapi balaslah salamnya dengan “wa’alaikum” (begitu juga atasmu) karna sewaktu rasul hidup, ada seorang yahudi dari madinah lalu ia mengucapkan (assaaamu ‘alaikum) yang artinya semoga kematian terlimpahkan atasmu.

Dalam hadits diriwayatkan,
“idzaa sallama ‘alaikum ahlul kitaabi faquuluuu wa’alaikum”
“Jika salah seorang ahli kitab (yahudi) mengucapkan salam maka katakanlah, begitupun atasmu”
Islam adalah agama yang cinta damai dan salah satu buktinya adalah islam mengajarkan kita untuk memberi salam. Karna salam adalah sumber tumbuhnya cinta antar sesama umat muslim. Ingatlah hadits yang ini..
“tidak sempurna iman seseorang diantara kalian sehingga ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri” (H.R AL-bukhori dan Muslim”
Imam bukhori menyebutkan dalam kitab shahihnya dari amar bin yasir r.a. Rasulullah SAW. Bersabda : 3 perkara yang siapa mengumpulkannya maka telah  mengumpulkan keimanan.
1. Adil pada dirimu
2. Menebar salam
3. Berinfak dalam kefakiran

salam juga dapat menghilangkan permusuhan, perselisihan, kebencian dan kerusakan yang jelas sebagai pemutus. (syarah shahih muslim).
Dari abu hurairah r.a. dianjurkan menebar salam orang yang :
-orang yang berjalan kepada yang sedang duduk
-orang yang berkendara kepada yang duduk atau tidak berjalan kaki (berjalan)
-orang yang sedikit kepada yang banyak.
-orang yang muda kepada orang yang muda kepada yang tua.
Iman adalah salah satu penyebab masuk surga, oleh dari itu marilah kita sempurnakan iman kita dengan menebarkan salam sesama umat muslim, ALLAHU AKBAR..!!
Oleh :: cici purwati.